Home » » Kandang ayam pelung

Kandang ayam pelung

Kamis, 21 Maret 2013 | 0 komentar


Kandang ayam pelung merupakan tempat tinggal untuk ternak, termasuk ayam pelung, yang berfungsi untuk membatasi gerak dan melindungi ternak dari cuaca yang tidak menguntungkan. Gerakan yang terbatas brguna untuk menghemat energi ternak., sehingga dapat disimpan untuk produksi daging dan telur. Selain itu, ternak yang dilindungi dari cuaca buruk dapat lebih tahan dari serangan penyakit.

Pada awalnya peternak memperlakukan ternaknya seperti beternak ayam buras. Ayam pelung dibiarkan berkeliarkan mencari makan sendiri. Kemudian pada malam harinya dibiarkan tidur disembarang tempat.

Selanjutnya peternak mulai membuatkan kandang dan mulai memisahkan perkandangan sesuai periode umur dan jenis kelamin. Namun peternak masih memberi tempat untuk mengumbarnya dalam pekarangan yang berpagar. Pemeliharaan sistem ini mengharuskan peternak menyediakan pekarangan yang lebih luas jika jumlahnya lebih banyak.

Kini peternak yang memiliki lahan sempit pun tetap dapat beternak ayam pelung dalam jumlah besar dengan menggunakan sistem antara semi intensif dan intensif. Pada sistem ini terkadang terbagi dalam periode umur tapi tidak memakai tempat umbaran lagi. Ayam pelung tetap tinggal di dalam kandang sepanjang hidupnya.

A. Pemilihan Lokasi Kandang Ayam pelung

Cianjur yang sejuk merupakan daerah asal nya Oleh karena itu, lahan untuk kandang ayam pelung sebaiknya dibuat pada daerah yang sejuk pula. Namun apabila lahan yang tersedia berhawa panas terutama pada daerah pesisir, hal ini dapat diatasi dengan berbagai cara sebagai berikut :
  • Sebelum perkandangan dibuat, lahan sekelilingnya ditanami dengan tanaman yang cepat tumbuh dan rindang. Lebih baik lagi bila tanaman itu menghasilkan, seperti tanaman buah-buahan. tetapi jangan sampai lahan menjadit erlalu rimbun sehingga kekurangan sinar matahari
  • Kolam dibuat di tempat yang akan dijadikan sebagai kandang ayam pelung, sehingga selain memberikan kesejukan juga bisa sekaligus memelihara ikan.
  • Selain itu, juga sebaiknya tersedia fasilitas pendukung, seperti aliran listrik perseduaan ait yang memadai sepanjang tahun, dekat dengan sumber bahan-bahan pakan, dan dekat jalan untuk memudahkan transportasi

B. Syarat Kandang Ayam Pelung
Perkandangan ayang pelung sebaiknya memiliki beberapa syarat antara lain :

  • Jauh dari rumah hunian penduduk sehingga masyarakat sekitar terhindar dari bau dan kotoran
  • Mempunyai sirkulasi udara uang baik dan cukup mendapatkan sinar matahari (terutama pagi hari) yang berguna bagi kesehatan ayam pelung.
  • Menjamin keselamatan ayam pelung daru binatang pengganggum seperti tikus, musang, dan melindungi dari cuaca yang tidak menguntukan seperti panas terik, dingin yang mencekam
  • Memudahkan tata laksana pemeliharaan antara lain pemberian pakan, pengambilan terlur, dan pembersihan kandang ayam pelung.


C. Bahan Kandang ayam pelung
Bahan kandang tidak perlu mahal yang penting kuat, sesuai dengan penggunaan, mudah didapat dan ekonomis. Beberapa bahan yang bisa digunakan antara lain bambu kayu, genteng, rumbia, dll

D. Macam dan konstruksi kandang ayam pelung
Ada beberapa macam kandang ayam pelung yang dapat digunakan pada pemeliharaan ayam pelung. Jenis kandang ayam pelung yang dipakai sesuai dengan sistem dipakai, situasi dan kondisi setempat, serta dana yang tersedia.
  1.  Kandang lantai rapat
Merupakan kandang koloni (memuat banyak ayam) yang terbuat daru bambu atau semen. Untuk mengurangi kelembaban dari kotoran dan lantai (terutama lantai semen) diperlukan alas (litter) yang menutupi seluruh lantai kandang.
Alas bisa dibuat dari bahan-bahan organik atau nonorganik, asal bahannya kering dan berdaya serap. Daya serap alas penting untuk mejaga agar lantai tetap kering. Bahan-bahan itu antara lain berupa : sekam, serbuk gergaji, pasir, kapur, kerikil
Penghamparan alas dibuat sedemikian rupa yang didahului pembersihan dan fumigasi lantai. Susunan alas kandang ayam pelung adalah sebagai berikut :
  • Pasir ditaburkan secara merata dan meruoakan lapisan pertama
  • Lapisan kedua berupa kapur matang. Kapur matang berfungsi untuk mengurangi penguapan
  • Lapisan ketiga berupa kerikil yang berguna untuk melancarkan penguapan kapur
  • Sebagai lapisan terakhir digunakan sebuk gergaji, sekam, atau padi yang berujuan untuk mencegah kebecekan kandang akibat kotoran ayan atau air minum, selain itu berguna untuk kenyamanan ayam.
b. Kandang lantai ayam pelung renggang
Kandang ini lantainya berkisi-kisi sehingga kotoran bisa langsung jatuh. Beberapa keuntungan penggunaan kandang ini sebagai berikut.
  • Kesehatan ayam lebih terjamin karena kotoran langsung jatuh dan peternak tidak repot membersihkannya.
  • Daerah yang sering banjir menjadi lebih aman karena tidak tergenang. Selain itu, bila atap bocor kandang tidak menjadi becek.
  • Jika pemeliharaan dipadukan dengan ikan, maka kotoran ayam yang jatuh akan menjadi makanan ikan.


Berdasarkan jumlah ayam yang dapat ditempatkan dalam kandang, maka kandang ayam pelung, maka kandang tersebut dibedakan atas

 Kandang individu Battery : Merupakan kandang yang hanya diisi dengan satu ekor ayam pelung Bisa digunakan untuk kandang ayam pelung dewasa maupun remaja

Kandang Koloni : merupakan kandang yang dapat diisi beberapa ekor ayam yang jumlahnya tergantung dari periode umur dan luas kandang. Bisa digunakan untuk anakan, ayam remaja, dan ayam pelung yang sudah dewasa
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : | |
Copyright © 2011. ayampelung -
Template Modify by
Proudly powered by