Home » » Levamid

Levamid

Minggu, 08 September 2013 | 0 komentar

LEVAMID adalah sediaan farmasetik berupa serbuk berwarna kuning muda yang mengandung niclosamide dan levamisole HCl yang ampuh membasmi cacing pita pada unggas

Indikasi LEVAMID
  • Membasmi cacing pita (Raillietina sp., Davainea sp., dan Hymenolepis sp.)
  • Membasmi cacing gilik bentuk larva dan dewasa pada:
  1. Saluran pencernaan/usus (Ascaridia sp., Heterakis sp., Capillaria sp.)
  2. Saluran pernapasan (Syngamus trachea)
  3. Mata (Oxyspirura mansonii)

Keunggulan LEVAMID
  • Ampuh
LEVAMID mengandung dua kombinasi anthelmintik, yaitu niclosamide dan levamisole, yang ampuh membasmi cacing.
Niclosamide bekerja menghambat uptake (pengambilan) glukosa yang diperlukan sebagai sumber energi metabolisme dalam tubuh cacing. Selain itu, hambatan pada siklus Krebs mengakibatkan terakumulasinya asam laktat yang bersifat toksik sehingga dapat membunuh cacing. Sedangkan levamisole bekerja dengan cara mempengaruhi sistem syaraf pada proses metabolisme karbohidrat dalam tubuh cacing. Hal ini mengakibatkan cacing lumpuh dan dapat dengan mudah dikeluarkan dari tubuh ayam dalam keadaan hidup.
  • Efektif
LEVAMID bekerja secara efektif membasmi cacing dewasa dan sekaligus larvanya. Efektivitas LEVAMID membunuh cacing serta telur Ascaridia galli dan Oxyspirura mansonii mencapai 100%, sedangkan untuk membasmi cacing dan telur Raillietina sp. mencapai 90%.
  • Efisien
Pemberian LEVAMID yang dilakukan dalam satu kali dosis mampu membunuh cacing dengan tuntas. Kandungan anthelmintik yang dikandung LEVAMID bertahan lama di dalam saluran percernaan ayam sehingga bekerja secara efisien dalam mengatasi infestasi cacing. Pemberian LEVAMID dapat diulang kembali setiap 1-2 bulan kemudian atau diberikan lagi pada saat diperlukan.
  • Aman
LEVAMID tidak menimbulkan keracunan ataupun efek samping terhadap pertumbuhan dan produktivitas ayam apabila pemberiannya sesuai dengan dosis dan aturan pakai.

Dosis dan Aturan Pakai
0,2 gram tiap kg berat badan ayam, dicampur dengan ransum dan diberikan dalam waktu 2-4 jam
Pemberian obat cukup 1 kali dan dapat diulang setiap 1-2 bulan kemudian

Nomor Registrasi
Indonesia : DEPTAN RI No. D 05092999 PKS
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : | |
Copyright © 2011. ayampelung -
Template Modify by
Proudly powered by